Perbedaan Airbrush,Decal dan Cutting Sticker

Bagaimana cara membedakan Airbrush, Decal, Cutting Sticker dll


Mengganti tampilan modifikasi motor bisa memperindah warna motor. Ada beberapa teknik untuk mengaplikasikannya yaitu, dengan Airbrush, Cutting sticker, atau Decal dan teknik lainnya. Untuk pengerjaannya juga berbeda, ada yang menggunakan cara Plug n Play (PnP) dan harus diinapkan berhari-hari (karena memang prosesnya yang rumit). Soal harga yang ditawarkan, kalo yang instan dan cepat terbilang lebih murah, sedangkan yang harus dirawat inapkan itu relatif lebih mahal.

Penerapan diatas memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
Agar lebih jelas, mari kita bahas satu per satu.



AIRBRUSH




Dengan menggunakan teknik ini, cat dapat mencangkup bagian-bagian detail terkecil atau sudut dan lekuk sempit, biasanya hasil pernis terlihat lebih tebal karena beberapa kali clear coated. Warna dapat dikombinasi atau dioplos (ada pula yang mencampurkan anti UV, agar tahan terhadap paparan sinar matahari dan warna lebih tahan lama) juga bisa membuat gradasi, warna terlihat lebih cerah dan lebih hidup. Proses penggarapan tergantung dari tingakat kesulitan desainnya. Ada beberapa jenis desain untuk airbrush ini yaitu, polos, grafis, motif, kartoon, realis(3D).
Ketahanan cat dari airbrush ini 3 sampai 5 tahun.
Cara perawatannya cukup mudah, ga perlu bingung kalo kena ujan/sinar terik matahari, cukup dibilas dan disiram saja menggunakan kanebo.
Kekurangan dari airbrush yaitu prosesnya yang terbilang lama (butuh waktu berhari-hari) dan harga yang relatif lebih mahal namun bernilai seni tinggi.

CUTTING STICKER



Untuk Cutting terdiri dari beberapa jenis, yaitu Vinyl, Bontaks, Chrome dan HVS
Dan ini adalah beberapa penjelasan tentang  jenis kertas stiker   :

Stiker Vinyl
Stiker Vinyl merupakan sbeuah kertas stiker yang terbuat dari bahan Vinyl atau sebuah plastik lentur. Dengan menggunakan stiker Vinyl ini maka daya tahan jenis stiker ini memang sangat baik karena lebih tahan lama. Namun sayangnya  jenis kertas stiker ini tidak dapat di print dengan menggunakan printer Inkjet biasa, namun bisa diprint dengan menggunakan Laserjet print. Untuk jenis kertas stiker ini memiliki  permukaan yang glossy dan cocok yang biasanya diaplikasikan untuk stiker outdoor.

Stiker Bontaks
Stiker Bontaks merupakan sebuah stiker yang  mempunyai tekstur hanya seperti kertas biasa saja namun ternyata mempunyai daya rekat yang memang kuat. Karena stiker Bontaks ini memiliki daya rekatnya yang kuat maka jenis kertas stiker ini biasanya digunakan untuk stiker pada berbagai macam kemasan suatu produk. Jenis kertas stiker bisa dicetak dengan printer Inkjet dan dipotong dengan seukuran kertas HVS terlebih dahulu. Dan untuk  menambah daya tahan jenis kertas stiker ini bisa ditambah dengan  sebuah proses laminasi.

Stiker Crome
Stiker crome adalah sebuah jenis kertas stiker yang mempunyai lapisan glitter atau bisa dibilang berkilau berkilau. Untuk jenis kertas stiker ini memang tak bisa diprint. Biasanya dipakai untuk scorlet kendaraan bermotor, agar  bila terkena goresan tidak langsung mengenai  body kendaraan bermotor itu.

Siker HVS
Stiker HVS merupakan jenis kertas stiker yang memiliki ukuran kertas HVS dan pastinya selalu ada di toko-toko buku. Untuk jenis kertas stiker ini bisa diprint dengan menggunakan sebuah printer tinta biasa. Untuk jenis stiker HVS ini memiliki daya tahan yang terbatas, dan lemnya juga mudah mengelupas. Karena memang memiliki daya rekat yang  kurang, untuk jenis  kertas stiker ini biasanya hanya digunakan untuk mencetak stiker souvenir-souvenir saja.

Namanya juga Cutting pengerjaanyapun dengan cara dipotong, atau menggunakan mesin cutting.
Proses ini dapat dikerjakan dalam waktu 1 hari.
Perlu diperhatikan pada saat mencuci motor, pada bagian ujung stiker yang lancip, itu mudah terkelupas(ngangkat). Jadi untuk ngelapnya, usap dari bagian lebar ke bagian kecil.
Jika ada bagian stiker yang melendung, cukup ditusuk dengan jarum, lalu panaskan dengan korek api kecil.
Untuk pilihan warna yang solid memang terbatas dan agak sulit untuk mendapatkan warna gradasi.

DECAL



Disebut juga digital printing, karena proses pembuatannya membutuhkan komputer dan printer. Teknik ini terbilang mudah pemasangannya, hanya 3 jam saja.
Karena desain yang sudah tersimpan didalam komputer dengan berbagai model dan motif yang diinginkan. Dengan harga terjangkau sesuai dengan pengguna yang membutuhkan proses cepat dan murah.

Namun harus diingat, untuk teknik ini butuh perawatan khusus perlu diperhatikan jangan berada dibawah sinar matahari dan sering keujanan. Hal itu membuat warna mudah pudar, karena yang digunakan adalah tinta bukan chemical(cat), dan daya tahan hanya 1-3 tahun.

FILM



Menggunakan konsep seperti decal, desain dan motif dibuat melalui komputer. Daya tahan dan kecerahan cat sama dengan airbrush. Teknik ini membutuhkan waktu berhari-hari. Agak sulit untuk mendapatkan gradasi yang sempurna. Biasanya digunakan untuk produksi dalam jumlah banyak.
Cara perawatan cukup mudah karena cat yang digunakan cukup kuat terhadap cuaca.

WATER TRANSFER PRINTING


Sekarang ini sudah banyak sekali yang menggunakan teknik ini, proses yang cepat dan mudah, disebut juga teknik pencelupan. Gambar dapat menjangkau bagian yang sulit seperti lekukan dan sudut sempit. Adapun bahan pokok yg harus ada, yaitu aktivator. Aktivator ini berfungsi sebagai emulsi agar tidak kaku sehingga hasil pencelupan tidak keriput. Untuk menggabungkan teknik ini dan teknik lainnya, harus dilakukan proses coat selanjutnya.


Itulah beberapa cara yang umum dipakai untuk memperindah tampilan, tinggal pilih aja mana yang cocok dan sesuai dengan keinginan.
Semoga bermanfaat, tetap kreatif dan selektif  :) 

Comments

Popular Posts